Kamis, 21 Maret 2013

Indonesia Jadi Negeri Penyanyi



Setelah membaca judul diatas, pasti sudah tahu kan maksudnya?, ya Indonesia negara tercinta kita ini sekarang lagi dilanda demam kontes pop singer! Tak tanggung-tanggung banyak kontes pop singer yang telah diselenggarakan, mulai dari AFI, Indonesian Idol, Mama mia, X factor, dan The voice of Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia telah berkembang menjadi Negeri Penyanyi, yang mana telah banyak melahirkan penyanyi-penyanyi hebat kelas internasional, seperti Agnes Monica, Anggun, Bebi Romeo dan masih banyak lagi. Nah, perlu diketahui bahwa, selain perkembangan ini mengacu kearah kemajuan, namun ini juga sekaligus merupakan refleksi kita terhadap negara-negara di barat, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dll.
Meniru hal-hal yang dilakukan negeri barat memang tidak salah, tetapi jika hal ini terus berlangsung tanpa filter yang bagus, juga akan berdampak buruk bagi kebudayaan asli kita. Ambil saja contoh Indonesian Idol, X factor, dan The Voice of Indonesia, ketiga acara tersebut sepenuhnya mengikuti trend di negeri barat yang memang pada waktu itu sedang gencar-gencarnya diadakan kontes penyanyi. 

Setelah mengetahui fakta diatas, kita ketahui bahwa kebudayaan kita yang berupa lagu-lagu daerah tradisional telah tergerus zaman dan tenggelam diantara trend lagu-lagu pop barat. Perhatikan saja dalam acara The Voice of Indonesia maupun X Factor, rata-rata kontestan penyanyinya membawakan lagu-lagu barat sebagai tolak ukur kualitas suara mereka, kenapa? karena banyak yang menganggap lagu-lagu barat atau yang berbahasa inggris itu lebih mampu menghipnotis khalayak umum jika kita berhasil membawakannya dengan baik, contoh saja Regina Idol yang pada saat membawakan lagunya Adele, benar-benar mampu membuat semua orang termasuk para juri standing aplause, bahkan ada yang sampai meneteskan air mata. Ini menunjukkan bahwa, meskipun ajang kontes dilakukan di Indonesia, namun yang mendominasi adalah lagu-lagu dari barat.

Kesimpulannya, meniru memang kegemaran bangsa kita saat ini, kaum mudanya banyak yang terombang-ambing ditengah derasnya pengaruh trend dan mode dunia, pada akhirnya kita akan kehilangan budaya asli kita sendiri. Namun ajang-ajang seperti itu juga bisa menunjukkan kepada dunia bahwa negeri kita ini juda tidak kalah dari negeri-negeri di barat. 

Opinimu apa?

Terimakasih


0 komentar:

Posting Komentar

 
;